Home ยป Ciri-ciri Kelinci Flemish Giant Asli

Ciri-ciri Kelinci Flemish Giant Asli

Ciri-ciri Kelinci Flemish Giant Asli

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan primadona bagi penggemar hewan berbulu. Tidak kalah menggemaskan dengan kucing, kelinci juga memiliki bulu lebat dan sifatnya yang unik. Dengan cara berjalan melompat dari satu sisi ke sisi yang lain, serta bentuk telinga yang memanjang, membuat ia tampak selalu ceria dan bahagia.

Ada beberapa alasan orang memelihara kelinci berdasarkan, mulai dari pemanfaatan daging untuk bahan kuliner, pemanfaatan bulu untuk bahan fashion, hingga menjadikannya sebagai kelinci hias. Salah satu jenis yang dimanfaatkan sebagai kelinci pedaging adalah jenis kelinci german giant.

Postur tubuhnya yang besar dan tinggi membuat kelinci ini layak dijadikan kelinci pedaging karena memiliki banyak daging pada tubuhnya.

Nah, buat kalian yang tertarik untuk beternak kelinci jenis pedaging, yuk kenali terlebih dahulu ciri-ciri kelinci Flemish Giant asli berikut ini.

  1. Ukuran tubuh

Untuk kelinci Flemish Giant dewasa, ia memiliki panjang tubuh sekitar 20 sampai 24 inch atau setara dengan 50 sampai 60 cm. Dengan panjang tubuh tersebut, berat badan kelinci Flemish Giant bisa mencapai sekitar 6,5 kg hingga 12 kg.

  1. Bentuk tubuh

Seperti yang telah disebutkan di atas, kelinci Flemish Giant memiliki bentuk tubuh jenjang, yakni lebih tinggi dan lebih besar daripada kelinci biasa.

Struktur telinganya juga berbeda, ia memiliki telinga yang cenderung lebih panjang, lebar, dan sedikit lebih tebal. Di samping itu, kelinci Flemish Giant juga memiliki bentuk kepala yang khas, yakni bermuka lebar dengan kepala yang cenderung bulat.

  1. Usia kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant betina mulai memberi tanda birahi dan siap kawin pada usia sekitar 10 bulan. Sedangkan untuk Flemish Giant jantan mulai siap mengawini pada usia 10 hingga 12 bulan.

Untuk usia hidup, kelinci ini dapat bertahan hidup 6 tahun hingga 10 tahun apabila mendapatkan perawatan dengan baik.

  1. Warna-warna khas kelinci Flemish Giant

Tidak asal berkembang biak dengan bentuk warna yang asal, kelinci Flemish Giant memiliki beberapa warna khas. Diantara warna-warna tersebut antara lain: hitam solid penuh satu tubuh, abu-abu terang dengan bintik hitam, abu-abu gelap dengan bintik hitam, putih solid penuh satu tubuh, coklat gelap dengan bintik hitam, coklat terang dengan bintik putih, dan abu kebiru-biruan penuh satu tubuh.

Demikian 4 ciri-ciri kelinci Flemish Giant. Semoga bisa menambah wawasan kalian sebelum memilih jenis kelinci untuk dipelihara, ya!